Friday, April 24, 2009

buku: pilihan yg tepat untuk pelarian ahaha

dalam rangka menyembuhkan patah hati *ga bisa di-gips ato di-pen sih*, rabu kemarin saya ke gramedia...
3thn terakhir ini saya rada pelit dalam hal beli buku. maklum, budgetnya tipis... sejak bokap ga ada kan harus tau diri, ga enak juga klo minta naik uang jajan sama nyokap
tapi kali ini gw bertekad utk ga tll pelit dalam hal beli buku. yg penting nemuin hal buat ngalihin pikiran dulu. lagian kan alokasi dananya bisa dari dana yg dialokasikan buat jalan2 dan makan *lagi males makan ahaha*

pertamanya ingin baca buku sulit... biar mabok sekalian ahahaha
tadinya mo beli pramudya ananta toer yg bumi manusia. tapiiii... (pengalaman gw baca pram baru gadis pantai. dan menurut gw tragis. tepatnya menurut gw mostly buku sastra2 gitu tragisss T_T) gw ga mau jadi tambah depresi setelah baca cerita tragis (beneran lho, gw kelar baca buku2 tragis penuh dengan kritik sosial, gw bakal tambah banyak mikir dan akhirnya pusing sendiri)

*melirik ke rak sebelah*
yg jelas gw menghindari buku romance. baru buka bbrp halaman aja air mata udah menggenang. goblok banget rasanya klo gw nangis di gramedia. ntar dikira anak ilang

*bergeser ke rak berikutnya*
apa baca mahabharata aja ya? udah lama gw pengen baca ini. di rumah gw ada bharatayudha, tp rada bingung bacanya krn blm baca mahabharata...
tapiii... *lagi2 tak mau baca kisah yg ada tragis walo cuma setitik*

akhirnya pilihan jatuh pada buku 'Ciao, Italia! Kisah Petualangan Empat Musim' oleh Gama Hariono. sempat serem juga sih kalo2 tnyt isinya tempat2 indah gitu2 trus kalo tau2 gw jadi sedih lagi gimana hahahaha tapi gw pikir, masa iya gw secengeng itu *pada kenyataannya, mungkin iya*

Pilihanku tidak salah!!! Gw emang suka buku2 travelling, apalagi klo yg dibahas ga cuma objek2 wisata 'mainstream'. Jadi ga cuma klo ke Prancis liat Menara Eiffel, ke Itali liatnya Pisa, ke Inggris liatnya Big Ben. Kalo gw punya duit banyak ntar *doakanlah gw jadi orang sukses yang kaya dan tak lupa membantu sesama*, gw pengen jalan2 ke tempat2 yg ga 'standar turis'. hehehe. Dari dulu gw suka berkhayal tinggal di pedesaan prancis ato italia, nyobain makanan2 dan winenya, syukur2 belajar buatnya hehehe... well, ini ga di pedesaan juga sih... jadi sang penulis sempat sekolah bahasa 1 thn di kota Perugia, Italia. Di buku ini juga banyak dibahas event-event di Perugia ato di kota2 lain di Italia. Misalnya Umbria Jazz Festival, Notte Bianca, dll... Penulis juga menceritakan bbrp segi kebobrokan Italia, misalnya sistem birokrasinya yg ga kalah belibet sama di Indo. Pegawai negrinya hobi banget ngopi (jm 9 ngopi, jm 10 ngopi, jm 11 ngopi, jm 1 siang makan. dan ngopinya ga 2-3mnt ya, kan sambil ngobrol2), sampe2 warga asing di sana yg harus ngurus dokumen2nya harus nunggu lamaaaa banget buat dilayani.
Juga siaran TV Itali yg bertaburan acara ga mutu *haha persisss di sini*, pagi2 ada horoskop di warta berita, acara gosip juga ada, soap opera, trus talkshow dgn host yg berpakaian minim... dannn lewat tengah malam penuh acara bokep gitu hahaha...

Tapi yg gw salut, pemerintahnya nampaknya sangat concern dalam mendukung pelestarian situs-situs kebudayaan. Contohnya ada daerah pedesaan di sana yg namanya Cinque Terre. Di daerah ini, rumah2nya masih yg khas italia gitu (yaaa bayangkan rumah2 dgn tembok bercat merah terakota, kuning gading, dll gitu aaaaahhh jadi pengen ke sanaaaa). Trus pemerintah daerah setempat membuat UU yg melarang pemasangan antena TV/parabola di luar rumah. Sbg gantinya, pemerintah menyediakan satelit dan kabel yg dipasang ke tiap rumah. Jd pake TV kabel gitu. Baik ya... Jd ga cuma melestarikan, tapi juga penduduknya tidak dijauhkan dari modernisme

Jadi jatuh cinta sama bahasa Itali. Kyknya kerennn... spertinya sangat lezat *apa?!* heheheh abis gw membayangkan ibu2 Italia yg lg masak macem2 sambil ngoceh bhs.Itali ahaha. Aih jadi merasa mendua dgn Bhs.Prancis yg lagi gw pelajari =P *Prancisnya aja masih belepotan dan cetek banget*
Oh ya, trus dr yg gw cermati, nampaknya banyak kemiripan antara bhs.Prancis dgn Itali. Penulisnya juga bilang sih, kalo sdh punya dasar tata bahasa Prancis, Spanyol, ato Latin, akan lebih mempermudah dalam belajar bhs Itali. Asiiiik! Gw harus rajin belajar Prancisnya! =D Biar nanti gampang blajar yg lain ehhehehe *pengennya sih Itali ni jdnya ohoho*


Yaah sekian dulu deh soal buku ini. Gw belum kelar bacanya. Lagi dihemat-hemat. Biar gw ga keabisan bacaan, terutama klo pikiran gw butek banget.



Oh ya, gw merasa dunia lagi berkonspirasi membuat hidup gw ga tentram. Bahkan td mo isi pulsa aja ga bisa2. Harusnya masa tenggang baru besok, tapi tau2 hari ini udah ga bisa dipake. Argh *kenapa belakangan gw mulai menjadi manusia yg diperbudak teknologi? not like my old self*
Kesal.

Dan masih sedih.

Huhuhuhuhuhuuuuuuuuuuu T____________________T

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home